teks berjalan

SDN RANTAWAN 2

Rabu, 04 Oktober 2017

CONTOH RPP KUR. 2013 KELAS 1 SD

Berikut contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP kurikulum 2013.  

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

Satuan Pendidikan          :  SDN RANTAWAN 2
Kelas / Semester              :  I (Satu) / 1
Tema 1                             :  Diriku
Sub Tema 2                      :  Tubuhku
Pembelajaran                  :  2
Alokasi Waktu                 :  1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR

No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
B. Indonesia
3.4  Menentukan kosakata tentang anggota tubuh dan pancaindra serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, slogan sederhana, dan/atau syair lagu) dan eksplorasi lingkungan.


·      Menjodohkan gambar dan kata anggota tubuh dengan rapi

4.4   Menyampaikan penjelasan (berupa gambar dan tulisan) tentang anggota tubuh dan panca indera serta perawatannya menggunakan kosakata bahasa Indonesia dengan bantuan bahasa daerah secara lisan dan /atau tulis.

·      Menggunakan kosakata tentang anggota tubuh dengan tepat dalam bahasa lisan atau tulisan, dengan bantuan bahasa daerah.
2
SBdP
1.3  Mengenal gerak anggota tubuh melalui tari.

·      Mengidentifikasi gerak anggota tubuh (kepala, badan, tangan, dan kaki) dalam suatu tarian.

1.3    Meragakan gerak anggota tubuh melalui tari.
·      Memeragakan gerak anggota tubuh (kepala, badan, tangan, dan kaki) dalam suatu tarian.
3
      PPKn
1.4 Menerima keberagaman di rumah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di rumah
·       

2.4   Menampilkan kerjasama dalam keberagaman di rumah

·       

3.2  Mengidentifikasi aturan yang berlaku  
       dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
·       Menunjukkan hal-hal yang harus dilakukan dalam hubungannya dengan aturan menjaga kesehatan tubuh di rumah

4.2 Menceritakan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
·       Memeragakan kegiatan tentang menjaga kesehatan tubuh di rumah dalam hubungannya dengan aturan saat makan di rumah.

C. TUJUAN PEMBELAJARAN

1.      Setelah menyanyikan lagu, siswa dapat menyebutkan bagian-bagian tubuh dengan tepat
2.      Dengan menirukan ucapan guru, siswa dapat membaca nama bagian-bagian tubuh dengan tepat.
3.      Melalui ragam gerak, siswa dapat mengidentifikasi gerak anggota tubuh dengan tepat.
4.      Setelah berdiskusi dengan teman, siswa dapat menunjukkan aturan tentang menjaga kesehatan tubuh di rumah hubungannya dengan makan makanan yang sehat dengan percaya diri
5.      Dengan berlatih, siswa dapat menidentifikasi kosa kata dan memasangkan bagian-bagian tubuh dengan namanya dengan tepat.
6.      Dengan bermain peran, siswa dapat menunjukkan aturan saat makan di rumah dengan percaya diri

C.     MATERI PEMBELAJARAN
¡  Nama Anggota tubuh
¡  Cara perawatan anggota tubuh
¡  Gerak tubuh melalui tarian
¡  Aturan di rumah menjaga kesehatan tubuh
¡  Memeragakan salah satu aturan makan di rumah

D.     PENDEKATAN DAN METODE PEMBELAJARAN
·         Pendekatan : Saintifik, kolaboratif
·         Metode       : Tanya jawab, Demonstarsi, Kerja Kelompok, Diskusi, Peragaan

E.     MEDIA/ ALAT BANTU DAN SUMBER BELAJAR
·         Gambar tubuh dan nama bagian-bagiannya.
·         Alat musik untuk mengiringi siswa bernanyi dan menari.
·         Buku siswa

F.      LANGKAH – LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
·         Kelas dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
·         Kelas dilanjutkan dengan doa dipimpin oleh salah seorang siswa. Siswa yang diminta membaca doa adalah adalah siswa yang hari itu datang paling awal (Menghargai kedisiplinan siswa)
·         Siswa diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan manfaatnya bagi tercapainya cita-cita.
·         Menyanyikan Lagu Indonesia Raya. Guru member penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme.
·         Siswa diminta untuk memeriksa kerapian diri dan kebersihan kelas
·         Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang tujuan, manfaat dan aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan.
·         Siswa menyimak penjelasan guru tentang pentingnya sikap disiplin, kerjasama, dan mandiri yang akan dikembangkan dalam pembelajaran
·         Pembiasaan membaca 15 menit dimulai dengan guru menceritakan dongeng Harimau dan Tikus
·         Guru membacakan cerita pada buku dan menunjukkan ekspresi dan intonasi yang sesuai. Siswa menyimak dengan seksama.
·         Menyegarkan suasana kembali dengan menyanyikan Lagu Kepala, Pundak Lutut Kaki
20 menit
Inti
§  Guru menunjukkan gambar bagian-bagian tubuh dan menempelnya di papan tulis.
§  Guru meminta siswa mengamati gambar tubuh tersebut. Gambar tubuh tersebut belum ada namanya.
§  Guru bertanya kepada siswa apakah ada yang mengetahui nama-nama bagian tubuh pada gambar yang di tempel di papan tulis. Guru mengapresiasikan jawaban siswa mau menjawab dengan meminta siswa tersebut untuk menunjukkan bagian tubuh sesuai dengan jawabannya.
§  Guru memancing siswa lain untuk aktif mengidentifikasi nama-nama bagian tubuh
§  Guru meminta siswa untuk mengecek jawaban mereka. Guru lalu mengambil kartu kata nama-nama anggota tubuh.
§  Guru memperlihatkan salah satu kartu nama anggota tubuh dan membacakannya dan meminta salah satu siswa untuk menempelkan kartu nama tersebut didekat bagian tubuh sesuai dengan yang di maksud.
§  Guru memperlihatkan kartu yang lain, membacakannya, dan meminta siswa lain untuk menempel kartu nama tersebut. Begitu seterusnya sampai semua kartu nama anggota tubuh tertempel pada gambar.
§  Guru dan siswa mengecek bersama. Guru menunjuk salah satu bagian tubuh dan menyebut namanya. Guru lalu membaca kartu nama anggota tubuh yang tertempel didekat anggota tubuh tersebut. Cocok atau tidak antara nama anggota tubuh di kartu dengan anggota tubuh yang dimaksud.
§  Jika ada kartu nama yang salah tempel, minta siswa lain untuk membetulkannya.
§  Setelah semua kartu nama anggota tubuh sudah dicek, guru lalu membacakan semua kartu nama anggota tubuh sambil menunjuk anggota tubuh yang dimaksud. Siswa menirukan bacaan dari guru.
§  Setelah siswa menirukan, guru dan siswa bersama-sama membaca nyaring nama-nama bagian tubuh sambil guru menunjuk nama dan anggota tubuh yang dimaksud.
§  Guru lalu bertanya kepada siswa bagaimana cara menjaga supaya badan sehat. (Guru mengarahkan pertanyaannya agar salah satu jawabannya adalah ‘makan’).
§  Guru bertanya kepada siswa bagaimana sikap yang harus ia tunjukkan di rumah hendak makan, sedang makan, dan selesai makan.
§  Untuk menjawab pertanyaan tersebut, guru meminta siswa menggali informasi dari teman sebangku tentang aturan saat makan di rumah.
§  Siswa akan  bertanya jawab, yaitu bagaimana sikap yang harus ia tunjukkan di rumah saat hendak makan, sedang makan, dan selesai makan.
§  Guru lalu meminta siswa berpasangan dengan seorang teman di sebelah kanannya. Setiappasangan bertanya jawab/ berdiskusi tentang aturan saat makan.
·         Jenis pertanyaan dipandu oleh gur, seperti : Apakh tadi pagisudah maka? Sebelum makan, apakah ada yang harus kamu lakukan? Kalau makan di mana, di meja makan atau boleh di mana saja? Kalau makan, apakah bersama-sama dengan anggota keluarga atau sendiri-sendiri ? Bagaimana sikap saat makan? Bagaimana sikap jika sudah selesai makan?
§  Kemudian, guru meminta perwakilan siswa untuk menunjukkan tentang sikap saat makan di rumah.
§  Setelah selesai, guru minta siswa mengamati Buku Siswa halam 40, Apakah dari hasil diskusi tentang aturan sikap siswa saat hendak, akan, dan seteah makan ada yang sesuai dengan gambar di buku siswa ?

§  Setelah itu guru merangkum semua jawaban siswa dan menyampaikan informasi tentang aturan di rumah tentang makan Secara umum aturan pada saat makan sebagai berikut :
o   Mencuci tangan sebelum makan
o   Berdoa sebelum makan
o   Makan sambil duduk
·         Siswa menyimak penguatan guru untuk mengikuti aturan saat makan.
·         Siswa difasilitasi untuk berdiskusi tentang cara menjaga kesehatan tubuh. Guru mengarahkan diskusi akan pentingnya menggerakkan tubuh secara teratur. Ada beberapa cara menggerakkan tubuh seperti berlari, bersepeda, senam, juga dengan menari.  Menari juga menyehatkan tubuh, karena menari melancarkan peredaran darah dan membuat hati gembira.
·         Siswa diajak bersenang-senang dengan menggerakkan anggota tubuh sambil bernyanyi dan mengingat kembali nama-nama anggota tubuh (lihat buku siswa halaman 41)
.
·         Guru memberikan contoh terlebih dulu, lalu siswa mengamati dan kemudian mengikuti. Guru dan siswa bergerak sesuai dengan irama lagu tersebut. Guru memberikan instruksi untuk gerak dasar sebelum siswa mengikuti ragam gerak “Kepala Pundak Lutut Kaki”. Instruksi gerak dasar tersebut adalah:
·         Sikap berdiri, pandangan ke depan.
·         Kedua tangan di pinggang.
·         Kedua kaki dibuka, lutut ditekuk.
·         Gerak kepala tengok kanan dan kiri.
·         Awalnya seluruh siswa melakukan gerakan dengan arahan guru. Lalu bergantian perkelompok siswa mengulangi gerakan tariannya di depan teman-temannya (saat siswa menari guru mengamati sikap siswa baik percaya diri, kerja sama, maupun kedisiplinan).
·         Setelah menari, guru menanyakan perasaan siswa. Guru juga mengingatkan kembali pentingnya menggerakkan tubuh bagi kesehatan.
·         Sebagai akhir dari kegiatan siswa mengerjakan lembar kerja di buku siswa halaman 42 dan 43.

175 Menit
Penutup
§    Sebelum kegiatan ditutup, siswa dan guru bergerak bersama dalam sebuah ragam gerak “Kepala pundak lutut kaki”.
§    Guru memberi contoh terlebih dahulu, lalu siswa mengamati dan kemudian mengikuti. Guru dan siswa bergerak sesuai dengan irama lagu tersebut.
§    Guru memberikan instruksi untuk gerak dasar sebelum siswa mengikuti ragam gerak “Kepala pundak lutut kaki”. Instruksi gerak dasar tersebut adalah :
§    Sikap berdiri, pandangan ke depan.
§    Kedua tangan di pinggang
§    Kedua kaki dibuka, lutut ditekuk.
§    Gerak kepala tengok kanan dan kiri.
§    Awalnya bersama-sama. Lagu bergantian per 10 orang siswa mengulangi gerakan tariannya.
§    Setelah menari, semua siswa mengerjakan latihan di buku siswa halaman 42-43.
§    Di akhir kegiatan, guru mengulang kembali nama-nama bagian tubuh.
§    Guru melakukan refleksi sebelum menutup kegiatan:
·     Bagaimana perasaan kalian mengikuti kegiatan hari ini ?
·     Kegiatan apa yang paling kamu sukai? Mengapa?
·     Kegiatan mana yang paling mudah/sulit? Mengapa?
·     Setelah refleksi, guru memimpin siswa untuk berdoa sebelum pulang
§    Guru mempersilahkan siswa pulang. Siswa memberi salam pada guru
·     Tiba di rumah, siswa memberi salam kepada orang tua.
15 menit

G.     PENILAIAN
·         Penilaian Sikap : Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan
·         Penilaian pengetahuan :
-       Tes tertulis
·         Penilaian keterampilan :
Penilaian : Unjuk kerja
Menggerakkan tubuh dalam sebuah gerak yang diiringi lagu “Kepala,pundak,lutut,kaki”
1.      Sikap
Format Penilaian Sikap (Jurnal)
No
Nama Siswa
Kreteria
Predikat
Memegang anggota tubuh sesuai teks lagu
Gerakan sesuai dengan tempo irama lagu
Mulai dan berhenti menari sesuai aba-aba
Rapi dan tertib
1






2






3






4













2.      Pengetahuan: Lembar latihan pada buku siswa halaman 42 dan 43.

              
3.      Keterampilan

a.      Bahasa Indonesia: Menggunakan Kosakata Anggota Tubuh dalam Teks
Aspek
Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Pendampingan     (1)
Menyebutkan anggota tubuh
Seluruh kosakata anggota tubuh dapat diucapkan dengan benar
Sebagian besar kosakata anggota tubuh diucapkan dengan benar
Sebagian kecil kosakata anggota tubuh diucapkan dengan benar

Belum dapat mengucapkan kosakata anggota tubuh dengan benar
Memasangkan gambar dan kata
Seluruh gambar dan kata dipasangkan dengan benar
Sebagian besar gambar dan kata dipasangkan dengan benar
Sebagian kecil gambar dan kata dipasangkan dengan benar

Belum dapat memasangkan gambar dan kata dengan benar



b.      PPKn : Mendiskusikan dan mempresentasikan informasi tentang aturan di rumah
Aspek
Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Pendampingan     (1)
Menyebutkan contoh aturan di rumah
Menyebutkan 4 contoh aturan di rumah
Menyebutkan 3 contoh aturan di rumah
Menyebutkan 2 contoh aturan di rumah

Menyebutkan 1 contoh aturan di rumah
Menggali informasi
Menggali informasi dari teman dengan sangat baik
Menggali informasi dari teman dengan baik
Menggali informasi dari teman dengan cukup baik

Belum mampu menggali informasi dari teman





c.       SBdP : Memeragakan gerak anggota tubuh dalam tari
Aspek
Sangat Baik
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Pendampingan
(1)
Gerakan

Seluruh gerakan tari dapat dilakukan dengan baik sesuai contoh yang diberikan guru
Sebagian besar gerakan tari dapat dilakukan dengan baik sesuai contoh yang diberikan guru
Sebagian kecil gerakan tari dapat dilakukan dengan baik sesuai contoh yang diberikan guru
Belum dapat melakukan gerakan tari sesuai contoh yang diberikan guru


H.      Media/Alat, Bahan dan Sumber Belajar

-    Gambar tentang anggota tubuh.
-    Kartu bertuliskan nama bagian-bagian tubuh.
-    Buku Guru dan Buku Siswa  Kelas I,  Tema 1: Diriku, Subtema 2: Tubuhku, Pembelajaran 1.  Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 (Revisi 2016). Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.


Mengetahui
Instruktur Kabupaten



H. Didi Kasuma Ahyani, S.Pd.M.AP
NIP 19660503 198509 1 001

Amuntai,  …………………..
Guru Kelas 1B



Umi Kulsum, S.Pd.I
NIP 19820502 201406 2 007




Tidak ada komentar:

Posting Komentar