Bagi teman-teman yang membutuhkan proposal PPL bisa di lihat contoh sebagai berikut :
BAB I
PENDAHULUAN
Program pengalaman
lapangan ini merupakan salah satu dari segi kegiatan kurikulum yang mencakup
latihan mengajar ataupun tugas kependidikan di luar mengajar secara terbimbing
untuk memenuhi persyaratan pembentukan profesi kependidikan.
Dalam program
lapangan ini, penulis melaporkan hal-hal yang meliputi latar belakang
pentingnya pelaksanaan praktek yaitu program pengalaman lapangan, tujun yang
ingin dicapai, gambaran umum lokasi praktek, waktu dan bidang praktek serta
sistematika laporan.
A. Latar Belakang Pelaksanaan Praktek Mengajar
Kegiatan praktek
pelaksanaan lapangan ini adalah merupakan seperangkat kegiatan lapangan bagi
mahasiswa/ mahasiswi Sekolah Tinggi Agama Isam Rasyidiyah Khalidiyah di mana
dalam kegiatan ini mahasiswa/mahasiswi praktiken diterjunkan untuk melaksanakan
kegiatan yang terdiri dari :
1. Praktek mengajar di depan kelas
2. Praktek administrasi
sekolah yang terdiri dari :
a.
Penataan
administrasi kelas
b.
Kegiatan
administrasi tata usaha
c.
Pelaksanaan
UKS
d.
Mengelola
sanitasi dan kebersihan
e.
Mengelola
kegiatan keagamaan dan tugas lain-lainnya.
Dengan adanya Praktek Lapangan (PPL/ magang) ini praktiken terjun
lapangan mengajar di depan kelas, hal ini dimaksudkan untuk memberikan bekal
pengalaman kepada mahasiswa/ mahasiswi sebelum ia menjadi guru, sehingga dengan
adanya latihan dan telah memiliki pengalaman, maka nanti apabila sudah menjadi
guru, ia dapat melaksanakan tugasnya sebagai seorang guru dengan baik dan juga
mampu mengatasi kesulitan-kesulitan dalam mengajar.
B. Tujuan yang ingin dicapai
Pelaksanaan
program pengalaman lapangan pada SDN Rantawan 2 ini bertujuan agar :
1. Agar mahasiswa mempunyai kemampuan :
a.
Mampu
membuat persiapan mengajar yang baik.
b.
Mampu
memberikan pelajarandengan sikap dan gaya yang sesuidengan profesinya.
c.
Mampu
berbicara dengan lancar sewaktu mengajar.
d.
Terampil
dalam memberikan dorongan dan pergaulan belajar kepada pelajar dan peserta
didik.
e.
Terampil
dalam membuka dan menutup pelajaran.
f.
Mampu
berperan sebagai supervisor
g.
Percaya
kepada diri sendiri.
2. Agar mahasiswa cukup terlatih dalam berbagai
keterampilan proses belajar mengajar yang meliputi :
a.
Penguasaan
bahan pelajaran.
b.
Pengelolaan
program belajar mengajar.
c.
Pengelolaan
kelas
d.
Penggunaan
media dan sumber belajar
e.
Evaluasi
prestasi siswa
3. Mahasiswa/i cukup terlatih daam berbagai
keterampilan berhubungan dengan bimbingan dan penyuluhan.
C. Profil Sekolah (Lokasi Praktek)
PROFIL SDN RANTAWAN 2
TAHUN PELAJARAN
DESA RANTAWAN KEC. AMUNTAI TENGAH, KAB. HSU
1. Nama Sekolah : SDN Rantawan 2
Status Sekolah :
Negeri
Penyelenggaraan Sekolah : Pagi pukul 08.00 s/d 13.10
Alamat :
Jl. H. Hasan Baseri KM. 5 Kecamatan Amuntai Tengah Kab. HSU
NSS/NIS :
101150701040/10701040/30302465
Bangunan Sekolah : Sepenuhnya milik pemerintah
Lokasi Sekolah : Desa
Jarak ke Pusat Keamatan : 5 km
Jumlah Anggota Rayon : 7 sekolah
Organisasi penyelenggaraan : Pemerintah
2. Jumlah murid SDN Rantawan 2 sebanyak 263
orang, laki-laki oorang dan perempuan 140 orang
dengan perincian sebagai berikut :
Kelas
|
Laki-laki
|
Perempuan
|
Jumlah
|
I A
|
11
|
16
|
27
|
I B
|
16
|
16
|
26
|
II A
|
13
|
15
|
28
|
II B
|
16
|
11
|
27
|
III A
|
13
|
7
|
20
|
III B
|
11
|
9
|
20
|
IV A
|
17
|
10
|
27
|
IV B
|
16
|
13
|
29
|
V A
|
6
|
11
|
17
|
V B
|
6
|
11
|
17
|
VI A
|
9
|
10
|
19
|
VI B
|
7
|
12
|
19
|
JUMLAH
|
141
|
135
|
276
|
3. Sejarah SDN Rantawan 2
SDN Rantawan 2
didirikan pada tanggal 18 juli 1983 yang diberi nama Sekolah Dasar Putatmas,
menjabat Kepala Sekolah pada waktu itu adalah ahmad yang tak lama kemudian
diadakan perubahan nama sekolah dan menjadi Sekolah Dasar Negeri Rantawan 2. Setelah
beliau pensiun tahun199, SDN Rantawan 2 dijabat oleh Suriansyah sampai tahun
2003. Pada tahun 2003 sampai 2005 dijabat oleh Marjuni S.Pd. Tahun 2005 sampai tahun 2008 dijabat oleh Masrani, S.pd.
Tahun 2008 sampai 2009 dijabat oleh Bambang Mahmudin, S.Pd. dan tahun 2009
sampai sekarang di jabat oleh Hj.
Nurmasliana, S.Pd.M.M.
Visi
Sekolah
Menghasilakan
peserta didik yang bermutu, memiliki dasar pengetahuan dan keterampilan yang
memadai dilandasi keimanan dan ketakwaan.
Indikator Visi
1. Meningkatkan perolehan NEM
2. Menungkatkan jumlah lulusan yang melanjutkan sekolah
3. Meningkatkan prestasi siswa dalam berbagai kejuaraan (lomba)
4. Meningkatkan kegiatan ekstrakurikuler dan olahraga
5. Menigkatkan pembinaan keimanan dan ketakwaan
Misi Sekolah :
1. Meningkatkan kegiatan belajar mengajar yang efektif
2. Meningkatkan bimbingan di luar jma belajar sekolh.
3. Meningkatkan disiplin sekolah.
4. Meningkatkn efektifitas kegiatan ekstrakurikuler.
5. Meningkatkan kegiatan keimanan dan ketaqwaan.
6. Meningkatkan kemampuan dan kemauan personalia.
Latar Belakang Pendidikan
a. Tenaga Pendidik
No
|
Jabatan
|
S2
|
S1
|
D2
|
SLTA
|
SD
|
Jumlah
|
1
|
Kepala
Sekolah
|
1
|
-
|
-
|
-
|
-
|
1
|
2
|
Guru Umum
|
-
|
13
|
1
|
3
|
-
|
17
|
3
|
Guru Agama
|
-
|
2
|
1
|
-
|
-
|
3
|
4
|
Karyawan TU
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
5
|
PSD
|
-
|
-
|
-
|
-
|
1
|
1
|
Jumlah
|
1
|
15
|
2
|
3
|
1
|
22
|
b. Status Tenaga Pendidik
No
|
Jabatan
|
Negeri
|
Kontrak
|
Bantu
|
Honor
|
Jumlah
|
1
|
Kepala
Sekolah
|
1
|
-
|
-
|
-
|
1
|
2
|
Guru Umum
|
13
|
-
|
-
|
4
|
17
|
3
|
Guru Agama
|
3
|
-
|
-
|
-
|
3
|
4
|
Karyawan TU
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
5
|
PSD
|
1
|
-
|
-
|
-
|
1
|
Jumlah
|
18
|
-
|
-
|
4
|
22
|
c. Gambaran Riil Sarana dan Prasarana
No
|
Jenis Sarana
|
Kondisi
|
Jlh
|
||
Baik
|
Rusak ringan
|
Rusak Berat
|
|||
1
|
Ruang
Kepala Sekolah
|
1
|
-
|
-
|
1
|
2
|
Ruang
PKG
|
1
|
-
|
-
|
1
|
3
|
Ruang
Guru
|
1
|
-
|
-
|
1
|
4
|
Ruang
Belajar
|
12
|
-
|
-
|
12
|
5
|
Ruang
Perpustakaan
|
1
|
-
|
-
|
1
|
6
|
Ruang
UKS
|
1
|
-
|
-
|
1
|
7
|
Rumah
PSD
|
1
|
-
|
-
|
1
|
8
|
Tempat
Parkir
|
1
|
-
|
-
|
1
|
9
|
Gudang
|
1
|
-
|
-
|
1
|
10
|
Lapangan
Olahraga
|
1
|
-
|
-
|
1
|
Jumlah
|
21
|
-
|
-
|
21
|
DEPARTEMEN
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SEKOLAH
DASAR NEGERI RANTAWAN 2
Jalan H. Hasan Baseri Km.5 Desa Rantawan Kec. Amuntai Tengah Kab.
HSU
DATA
KEADAAN GURU SDN RANTAWAN 2
TAHUN
PELAJARAN 2012/2013
NO
|
NAMA/NIP
|
TTL
|
Gol/
Pangkat
|
Bertugas
TMT
|
Jabatan
|
Menagajar
|
1
|
Hj.
Nurmasliana,S.Pd.MM
19621212
198207 2 004
|
Barabai
12-12-1962
|
IV/a
|
01-07-1982
|
KepSek
|
PKn
|
2
|
Jusni,A.M.Pd
19550903
197801 1 002
|
Kelua,
03-06-1955
|
IV/a
|
01-01-1978
|
G.A
|
Guru
Agama
Kelas
IV s/d VI
|
3
|
Abdul
Hapip, S.Pd.Sd
1960504
|
Alabio
04-05-1956
|
IV/a
|
01-01-1978
|
G.U
|
Guru
Kelas
VI.B
|
4
|
M.Zaini,S.Pd
19591112
198201 2 017
|
Kartak
Hanyar,
12-11-1959
|
IV/a
|
01-01-1982
|
G.U
|
Guru
Kelas
II.B
|
5
|
Siti
Aisyah,S.Pd
19600809
198201 1 024
|
Paringin,
09-08-1960
|
IV/a
|
01-02-1982
|
G.U
|
Guru
Kelas
III.B
|
6
|
Norjanah,S.Pd.I
19580520
198305 2 001
|
Amuntai,
20-05-1958
|
IV/a
|
01-05-1983
|
G.A
|
Guru
Agama
Kelas
I s/d III
|
7
|
Ahyad,
S.Pd
19640201 198509 1 002
|
Amuntai,
01-02-1964
|
IV/a
|
01-09-1985
|
G.U
|
Guru
Kelas
V.A
|
8
|
Samsul
Rahman
19630101
198503 1 047
|
Batu
Mandi,
01-01-1963
|
IV/a
|
01-03-1985
|
|
Guru
Penjaskes
II.B s/d VI.B
|
9
|
Sahmijah,S.Pd
19640515
99211 2 002
|
Aluan
Sumur,
15-05-1964
|
IV/a
|
01-11-1992
|
G.U
|
Guru
Kelas
II.A
|
10
|
Akhmad
Riadi,S.Pd
19720612
199903 1 010
|
Kota
Baru,
12-06-1972
|
III/c
|
01-03-1999
|
G.U
|
Guru
Kelas
VI.A
|
11
|
Arif
Mulyadi,S.Pd.SD
19700517
200103 1 001
|
Amuntai,
17-05-1970
|
III/b
|
01-03-2001
|
G.U
|
Guru
Kelas
IV.A
|
12
|
Herlena,S.Pd
19740619
200501 2 008
|
Amuntai,
19-06-1974
|
III/a
|
01-01-2005
|
G.U
|
Guru
Kelas
IV.B
|
13
|
Hanapi,S.Pd
19710315
200501 1 008
|
Amuntai,
15-03-1974
|
III/a
|
01-01-2005
|
G.U
|
Guru
Kelas
V.B
|
14
|
Mahmudah,S.Pd
19690217
200103 2 002
|
Amuntai,
17-02-1969
|
III/b
|
01-03-2001
|
G.U
|
Guru
Kelas
III.A
|
15
|
Setiawati Olfah,S.Pd
1973068 199703 2 003
|
Binuang
08-03-1973
|
III/c
|
01-09-2012
|
G.U
|
Guru
Kelas
I.A
|
16
|
Agustinah
19580817 197801 2 003
|
Barabai
17-08-1958
|
IV/a
|
01-09-2012
|
G.U
|
Guru
Kelas
I.B
|
17
|
Abdullah Afandi,S.Pd.I
19541217 198305 1 001
|
|
IV/A
|
|
G.A
|
Guru P.A Vb,VIa,VIb
|
18
|
H.Ramsan
19570910
198804 1 001
|
Amuntai,
10-09-1957
|
II/a
|
01-04-1988
|
G.U
|
-
|
19
|
Seri
Helnida,S.Pd.I
-
|
Amuntai,
27-05-1986
|
-
|
-
|
GTT
|
Guru B.Inggris
Kelas III s/d VI
|
20
|
Faridatul
Mutmainah,S.Pd.I
-
|
Banjarmasin,
02-08-1988
|
-
|
-
|
GTT
|
Guru
Pendidikan Alqur’an/TU
|
21
|
Miftahul
Husna
-
|
Harusan
Telaga,
03-09-1988
|
-
|
-
|
GTT
|
Guru
Kesehatan IV s/dVI,
Pkn IVa,IVb,Va
|
22
|
Eka
Fitriani
-
|
Amuntai,
05-07-1990
|
-
|
-
|
GTT
|
Guru
Penjasskes
Kelas
Ia,Ib,IIa/ Perpustakaan
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
Hj.
Nurmasliana,S.Pd.MM
NIP.19621212 198207
2 004
D. Sistematika Laporan
Sistematika laporan pengalaman lapangan ini terdiri dari empat Bab
yaitu :
BAB I PENDAHULUAN-
Dalam Bab ini dibahas mengenai Latar Belakang pelaksanaan Praktek,
Tujuan Yang ingin di capai Gambaran Umum Lokasi Praktek, Waktu dan Bidang
Praktek, Sistematika laporan
BAB II PELAKSANAAN
KEGIATAN
Yang memuat Rencana Program Praktek, Pendekatan Yang dilakukan,
Jadwal Pelaksanaan Praktek
BAB III MASALAH DAN
UPAYA MENGATASINYA
Di dalamnya dikemukakan
tentang masalah-masalah yang ditemukan di lapangan dan upaya mengatasinya.
BAB IV PENUTUP
Memuat
tentang Kesimpulan dan saran-saran
Lampiran-lampiran
·
Keterangan
Melaksanakan Tugas
·
Program
dan praktek
·
Jabaran
dan target program
·
Laporan
Kegiatan Harian
·
Absensi
kehadiran/ pulang
BAB II
PELAKSANAAN KEGIATAN
a. Rencana Program Praktek Mengajar
Dalam melaksanakan
program lapangan, maka kepada mahasiswa (I) Jurusan S1 Tadris Rakha Amuntai,
diwajibkan untuk mlaksankan PPL dengan syarat yang telah ditentukan oleh Biro
Praktikum untuk mengajar di muka kelas selama 11 hari. Di samping itu juga
kepada para mahasiswa (i) tetap diberi kebebasan lebih dari yang ditetapkan,
kalau situasi dan kondisinya memungkinkan untuk memperluas wawasan pengetahuan
dan memperdalam pengalaman mengajar di depan kelas.
Sesuai dengan
batas waktu yang ditentukan oleh biro praktikum jurusan S1 Tadris Rakha
Amuntai, maka dalam pelaksanaan PPL ini penulis telah membuat rencana kerja
agar tugas dapat terlaksana dengan baik.Rencana kerja tersebut adalah sebagai
berikut :
Mulai Tanggal 6 Nopember sampai 19 Nopember
2012 mengadakan kegiatan Belajar Mengajar
b. Pendekatan Yang dilakukan
Dalam
menagajar bidang studi Bahasa Inggris menggunakan beberapa pendekatan yaitu :
1. Pendekatan Konsep
Pola
pengajaran yang mengarah pada penjelasan, pemahaman suatu konsep dan berupaya
pada akhirnya siswa mempunyai konsep mandiri.
2. Pendekatan KBK (Kurikulum Berbasis
Kompetensi) / KTSP
Proses
belajar di mana guru dan siswa sama-sama aktif dalam melaksanakan proses
belajar mengajar.
3. Pendekatan Emosional
Pendekatan
emosioanal adalah pendekatan yang digunakan untuk menggugah perasaan dan hati
nurani dengan contoh pengalaman dan fakta dalam kehidupan sehari-hari.
Dalam
memberikan pelajaran dibidang studi B. Inggris guru tidak hanya dituntut agar
para siswa faham terhadap pelajaran dan motivasi untuk mengamalkan pelajaran
yang telah mereka fahami dalam kehidupan sehari-hari.
Pada
hal ini dalam memberikan pelajaran, penulis menggunakan beberapa metode yaitu
metode ceramah, Tanya jawab, membaca dan metode penugasan. Dalam kegiatan
belajar mengajar setelah masuk kelas terlebih dahulu memberikan appersepsi dan
post-test hingga akhirnya masuk pada materi pelajaran dan diakhiri pelajaran
dengan melakukan tes akhir.
Pada
saat menyajikan pelajaran di sekolah tersebut selalu patuh dan hormat kepada
guru, tanggap dan cermat dalam mengikuti pelajaran. Halini sangat memudahkan dalam
memberikan pelajaran terutama yang berhubungan denggan tingkat pencapaian
tujuan pembelajaran yang direncanakan. Dengan demikian maka akan lebih
memudahkan dalam mengadakan pendekatan pada proses belajar mengajar.
c. Realisasi Program Praktek
Dari
6 (enam) point rencana program praktek kependidikan, praktiken dapat
merealisasikan program tersebut, meskipun masih terdapat beberapa masalah/
kendala yang dihadapi. Dan pada dasarnya kegiatan yang dilakukan 80 % dapat
direalisasikan dengan baik dan lancer.
Adapun
berbagai program yang dapat direalisasikan adalah sebagai berikut :
1. Pada pelaksanaan proses belajar mengajar praktiken
mendapat bimbingan dari Kepala Sekolah dan Guru Pamong, terutama dalam hal
pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, penggunaan alat bantu mengajar dan
variasi dalam metode mengajar.
2. Dalam pelaksanaan administrasi kelas praktiken
mendapat kesempatan untuk menata administrasi di kelas 1, di antara
administrasi kelas yang dibenahi adalah mengisi daftar hadir, mengisi papan absen,
mengarsipkan nilai siwa dan sebagainya.
3. Kegiatan administrasi dan tata usaha di sini
praktiken mendapatkan bimbingan dan arahan bagaimana cara pengisian buku
administrasi seperi buku Mutasi siwa, Rekapitulasi Absensi Siswa,
PegarsipanSurat Masuk dan Surat Keluar, serta laporan bulanan.
4. Pelaksanaan kegiatan sanitasi dan kebersihan
lingkungan sekolah berjalan dengan lancar karena para siswa sudah terbiasa
menjaga kebersihan ruangan kelas dan halaman sekolah.
5.Pelaksanaan kegiatan Olahraga/ Senam Pagi, praktiken
membantu melaksanakan pengawasan terhadap siswa yang biasa dilakukan sekolah
ini setiap hari.
6. Praktiken juga melakukan pembenahan terhadap
perpustakaan sekolah terutama penataan buku-buku di sekolah ini sering
dihinggapi hama rayap, yang mengakibatkan banyak rusak. Sehingga menurut Kepala
Sekolah perlu dilakukan pengawasan penataan yang teratur terhadap perpustakaan
sekolah.
BAB III
MASALAH DAN UPAYA MENGATASINYA
A. Masalah Yang Ditemui di Lapangan
Sebagaimana
manusia hanyalah pandai membuat rencana namun segala sesuatu Tuhan lah yang
menentukannya, begitu pula setiap yang dilaksanakan tak luput dari halangan dan
rintangan yang dapat menimbulkan banyak masalah, sehingga apa yang kita
rencanakan terkadang tidak sesuai dengan kenyataan yang ada, meskipun demikian
bukan berarti kita harus pasrah dan rencana kita gagal total. Melainkan kita
sebagai makhluk yang diberi akal untuk berfikir mengatasi segala permasalahan
yang dihadapi.
Hal
yang sama terjadi juga pada penulis di dalam melaksanakan program pengalaman lapangan ini, penulis menemui beberapa
masalah yang mencakup menghambat dalam pencapaian tujuan, masalah tersebut
antara lain :
1. Para praktiken meninggalkan sekolah tempat tugasnya
mengajar apabila dalam pelaksanaan implementasi dilaksanakan.
2. Ada seorang siswa kelas 5 yang sangat bandel sekali
dengan diberikan hukuman ternyata tidak memberikan kesan perubahan terhadapnya.
3. Untuk buku-buku paket pelajaran yang digunakan
sebagai masih menggunakan buku-buku yang terbitannya tahun lama.
B. Upaya Pemecahan Masalah
1. Pada sekolah tempat tugas asal mengajar di kelas
tersebut dicarikan guru bantu sebagai pengganti sementara terhadap guru
praktiken apabila dalam keadaan sedang melaksanakan implementasi PPL.
2. Untuk anak tersebut kita coba lagi dengan
pendekatan dan bimbingan yang terkhusus lebih daripada yang lainnya, sehingga
ada tahapan perubahan sedikit demi sedikit.
3. Buku-buku pelajaran yang terbitan tahun yang baru,
praktiken berusaha mendapatkan toko-tokko
buku terdekat.
BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
Setelah
penulis pada Bab-bab yang lewat , maka dibagian terakhir ini penulis akan
mencoba menarik kesimpulan antara lain sebagai berikut :
1.
Di dalam program praktek kependidikan yang telah dilaksanakan semua itu merupakan sarana untuk membentuk pribadi mahasiswa agar
menjadi pendidikan yang terampil dalam bidang pengajaran.
2.
Tujuan
yang ingin dicapai di dalam pelaksanaan program praktek kependidikan ini agar
para mahasiswa:
a.
Mampu
membuat persiapan
b.
Mampu
memberikan pelajaran dengan sikap dan gaya yang sesuai dengan keahlian yang
dimiliki.
c.
Mampu
berbicara dengan lancar sewaktu mengajar dengan berbagai macam variasi.
d.
Dan
lain sebagainya
3.
Program
pengalaman lapangan ini dilaksanakan dengan lancar yang dibimbing oleh dosen
pembimbing lapangan, guru pamong,serta dukungan oleh kepala sekolahdan dewan
guru, agar praktiken menjadi seorang guru yang profesional dan dapat
menerapkannya dikelasnya setiap hari ia mengajar nanti.
4.
Masalah-masalah
yang ditemui di lapangan sewaktu dalam proses belajar mengajar alhamdulillah
dapat penulis atasi secrara baik dan juga tak lepas dari bantuan para dewan
guru dan khususnya Kepala SDN Rantawan 2.
B. Saran-saran
Dalam kesempatan ini, penulis akan menyampaikan beberapa
saran-saran sebagai bahan renungan dan bahan pertimbangan demi kemajuan
pendidikan di masa yang akan datang, yaitu sebagai berikut:
1.
Kepada
Mahasiswa (I) yang berpraktek nantinya agar dapat meningkatkan pemahaman dan
kesadaran terhadap tugas-tugas, baik sebagai pendidik maupun seorang mahasiswa
(I) supaya nantinya dapat mengatasi setiap halangan dan masalah.
2.
Kepada
setiap sekolah hendaknya selalu memelihara dan meningkatkan disiplin dan peraturan-peraturan
sekolah dalam rangka lebih meningkatkan kualitas pendidikan.
3.
Hendaknya
para biro praktikum meningkatkan pengawasan kepada mahasiswa (I) yang sedang
berpraktek, agar lebih menghasilkan mahasiswa (I) terampil dalam mendidik.
4.
Kepada
Bapak-Bapak biro praktikum hendaknya sebelum menerjunkan para mahasiswa (I)
terlebih dahulu membekali mereka dengan persiapn yang cukup matang, misalnya
dengan praktek di lokal perkuliahan dan lain sebagainya.
5.
Kepada
pihak sekolah (kepala sekolah, dewan guru, komite), diharapkan agar jangan
segan-segan dalam memberikan arahan/bimbingan kepada peserta PPL tidak akan
berarti apa-apa tanpa adanya bimbingan dari pihak sekolah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar