teks berjalan

SDN RANTAWAN 2

Rabu, 05 Juli 2017

CONTOH POPOSAL PPL

Contoh Proposal PPL di SD

Bagi teman-teman yang membutuhkan proposal PPL bisa di lihat contoh sebagai berikut :

BAB I
PENDAHULUAN
            Program pengalaman lapangan ini merupakan salah satu dari segi kegiatan kurikulum yang mencakup latihan mengajar ataupun tugas kependidikan di luar mengajar secara terbimbing untuk memenuhi persyaratan pembentukan profesi kependidikan.
            Dalam program lapangan ini, penulis melaporkan hal-hal yang meliputi latar belakang pentingnya pelaksanaan praktek yaitu program pengalaman lapangan, tujun yang ingin dicapai, gambaran umum lokasi praktek, waktu dan bidang praktek serta sistematika laporan.
A. Latar Belakang Pelaksanaan Praktek Mengajar
            Kegiatan praktek pelaksanaan lapangan ini adalah merupakan seperangkat kegiatan lapangan bagi mahasiswa/ mahasiswi Sekolah Tinggi Agama Isam Rasyidiyah Khalidiyah di mana dalam kegiatan ini mahasiswa/mahasiswi praktiken diterjunkan untuk melaksanakan kegiatan yang terdiri dari :
1. Praktek mengajar di depan kelas
2.  Praktek administrasi sekolah yang terdiri dari :
a.       Penataan administrasi kelas
b.      Kegiatan administrasi tata usaha
c.       Pelaksanaan UKS
d.      Mengelola sanitasi dan kebersihan
e.       Mengelola kegiatan keagamaan dan tugas lain-lainnya.
Dengan adanya Praktek Lapangan (PPL/ magang) ini praktiken terjun lapangan mengajar di depan kelas, hal ini dimaksudkan untuk memberikan bekal pengalaman kepada mahasiswa/ mahasiswi sebelum ia menjadi guru, sehingga dengan adanya latihan dan telah memiliki pengalaman, maka nanti apabila sudah menjadi guru, ia dapat melaksanakan tugasnya sebagai seorang guru dengan baik dan juga mampu mengatasi kesulitan-kesulitan dalam mengajar.
B. Tujuan yang ingin dicapai
            Pelaksanaan program pengalaman lapangan pada SDN Rantawan 2 ini bertujuan agar :
1. Agar mahasiswa mempunyai kemampuan :
a.       Mampu membuat persiapan mengajar yang baik.
b.      Mampu memberikan pelajarandengan sikap dan gaya yang sesuidengan profesinya.
c.       Mampu berbicara dengan lancar sewaktu mengajar.
d.      Terampil dalam memberikan dorongan dan pergaulan belajar kepada pelajar dan peserta didik.
e.       Terampil dalam membuka dan menutup pelajaran.
f.       Mampu berperan sebagai supervisor
g.      Percaya kepada diri sendiri.
2.  Agar mahasiswa cukup terlatih dalam berbagai keterampilan proses belajar mengajar yang meliputi :
a.       Penguasaan bahan pelajaran.
b.      Pengelolaan program belajar mengajar.
c.       Pengelolaan kelas
d.      Penggunaan media dan sumber belajar
e.       Evaluasi prestasi siswa
3.  Mahasiswa/i cukup terlatih daam berbagai keterampilan berhubungan dengan bimbingan dan penyuluhan.


C. Profil Sekolah (Lokasi Praktek)
PROFIL SDN RANTAWAN 2
TAHUN PELAJARAN
DESA RANTAWAN KEC. AMUNTAI TENGAH, KAB. HSU
1. Nama Sekolah                                 : SDN Rantawan 2
     Status Sekolah                                : Negeri
     Penyelenggaraan Sekolah               : Pagi pukul 08.00 s/d 13.10
Alamat                                             : Jl. H. Hasan Baseri KM. 5 Kecamatan Amuntai Tengah Kab. HSU
     NSS/NIS                                        : 101150701040/10701040/30302465
     Bangunan Sekolah                                     : Sepenuhnya milik pemerintah
     Lokasi Sekolah                               : Desa
     Jarak ke Pusat Keamatan               : 5 km
     Jumlah Anggota Rayon                  : 7 sekolah
     Organisasi penyelenggaraan           : Pemerintah
2. Jumlah murid SDN Rantawan 2 sebanyak  263 orang, laki-laki  oorang dan perempuan             140 orang dengan perincian sebagai berikut :
    
Kelas
Laki-laki
Perempuan
Jumlah
I  A
11
16
27
I B
16
16
26
II A
13
15
28
II B
16
11
27
III A
13
7
20
III B
11
9
20
IV A
17
10
27
IV B
16
13
29
V A
6
11
17
V B
6
11
17
VI A
9
10
19
VI B
7
12
19
JUMLAH
141
135
276

3. Sejarah SDN Rantawan 2
            SDN Rantawan 2 didirikan pada tanggal 18 juli 1983 yang diberi nama Sekolah Dasar Putatmas, menjabat Kepala Sekolah pada waktu itu adalah ahmad yang tak lama kemudian diadakan perubahan nama sekolah dan menjadi Sekolah Dasar Negeri Rantawan 2. Setelah beliau pensiun tahun199, SDN Rantawan 2 dijabat oleh Suriansyah sampai tahun 2003. Pada tahun 2003 sampai 2005 dijabat oleh Marjuni S.Pd. Tahun 2005  sampai tahun 2008 dijabat oleh Masrani, S.pd. Tahun 2008 sampai 2009 dijabat oleh Bambang Mahmudin, S.Pd. dan tahun 2009 sampai sekarang  di jabat oleh Hj. Nurmasliana, S.Pd.M.M.
Visi Sekolah
            Menghasilakan peserta didik yang bermutu, memiliki dasar pengetahuan dan keterampilan yang memadai dilandasi keimanan dan ketakwaan.
Indikator Visi
1. Meningkatkan perolehan NEM
2. Menungkatkan jumlah lulusan yang melanjutkan sekolah
3. Meningkatkan prestasi siswa dalam berbagai kejuaraan (lomba)
4. Meningkatkan kegiatan ekstrakurikuler dan olahraga
5. Menigkatkan pembinaan keimanan dan ketakwaan
Misi Sekolah :
1. Meningkatkan kegiatan belajar mengajar yang efektif
2. Meningkatkan bimbingan di luar jma belajar sekolh.
3. Meningkatkan disiplin sekolah.
4. Meningkatkn efektifitas kegiatan ekstrakurikuler.
5. Meningkatkan kegiatan keimanan dan ketaqwaan.
6. Meningkatkan kemampuan dan kemauan personalia.
Latar Belakang Pendidikan
a. Tenaga Pendidik
No
Jabatan
S2
S1
D2
SLTA
SD
Jumlah
1
Kepala Sekolah
1
-
-
-
-
1
2
Guru Umum
-
13
1
3
-
17
3
Guru Agama
-
2
1
-
-
3
4
Karyawan TU
-
-
-
-
-
-
5
PSD
-
-
-
-
1
1
Jumlah
1
15
2
3
1
22

b. Status Tenaga Pendidik
No
Jabatan
Negeri
Kontrak
Bantu
Honor
Jumlah
1
Kepala Sekolah
1
-
-
-
1
2
Guru Umum
13
-
-
4
17
3
Guru Agama
3
-
-
-
3
4
Karyawan TU
-
-
-
-
-
5
PSD
1
-
-
-
1
Jumlah
18
-
-
4
22

c. Gambaran Riil Sarana dan Prasarana
No
Jenis Sarana
Kondisi
Jlh
Baik
Rusak ringan
Rusak Berat
1
Ruang Kepala Sekolah
1
-
-
1
2
Ruang PKG
1
-
-
1
3
Ruang Guru
1
-
-
1
4
Ruang Belajar
12
-
-
12
5
Ruang Perpustakaan
1
-
-
1
6
Ruang UKS
1
-
-
1
7
Rumah PSD
1
-
-
1
8
Tempat Parkir
1
-
-
1
9
Gudang
1
-
-
1
10
Lapangan Olahraga
1
-
-
1
Jumlah
21
-
-
21







DEPARTEMEN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
SEKOLAH DASAR NEGERI RANTAWAN 2
Jalan H. Hasan Baseri Km.5 Desa Rantawan Kec. Amuntai Tengah Kab. HSU

DATA KEADAAN GURU SDN RANTAWAN 2
TAHUN PELAJARAN 2012/2013

NO
NAMA/NIP
TTL
Gol/
Pangkat
Bertugas
TMT
Jabatan
Menagajar
1
Hj. Nurmasliana,S.Pd.MM
19621212 198207 2 004
Barabai
12-12-1962
IV/a
01-07-1982
KepSek
PKn
2
Jusni,A.M.Pd
19550903 197801 1 002
Kelua,
03-06-1955
IV/a
01-01-1978
G.A
Guru Agama
Kelas IV s/d VI
3
Abdul Hapip, S.Pd.Sd
1960504
Alabio
04-05-1956
IV/a
01-01-1978
G.U
Guru
Kelas VI.B
4
M.Zaini,S.Pd
19591112 198201 2 017
Kartak Hanyar,
12-11-1959
IV/a
01-01-1982
G.U
Guru
Kelas II.B
5
Siti Aisyah,S.Pd
19600809 198201 1 024
Paringin,
09-08-1960
IV/a
01-02-1982
G.U
Guru
Kelas III.B
6
Norjanah,S.Pd.I
19580520 198305 2 001
Amuntai,
20-05-1958
IV/a
01-05-1983
G.A
Guru Agama
Kelas I s/d III
7
Ahyad, S.Pd
19640201 198509 1 002
Amuntai,
01-02-1964
IV/a
01-09-1985
G.U
Guru
Kelas V.A
8
Samsul Rahman
19630101 198503 1 047
Batu Mandi,
01-01-1963
IV/a
01-03-1985

Guru Penjaskes
II.B s/d VI.B
9
Sahmijah,S.Pd
19640515 99211 2 002
Aluan Sumur,
15-05-1964
IV/a
01-11-1992
G.U
Guru
Kelas II.A
10
Akhmad Riadi,S.Pd
19720612 199903 1 010
Kota Baru,
12-06-1972
III/c
01-03-1999
G.U
Guru
Kelas VI.A
11
Arif Mulyadi,S.Pd.SD
19700517 200103 1 001
Amuntai,
17-05-1970
III/b
01-03-2001
G.U
Guru
Kelas IV.A
12
Herlena,S.Pd
19740619 200501 2 008
Amuntai,
19-06-1974
III/a
01-01-2005
G.U
Guru
Kelas IV.B
13
Hanapi,S.Pd
19710315 200501 1 008
Amuntai,
15-03-1974
III/a
01-01-2005
G.U
Guru
Kelas V.B
14
Mahmudah,S.Pd
19690217 200103 2 002
Amuntai,
17-02-1969
III/b
01-03-2001
G.U
Guru
Kelas III.A
15
Setiawati Olfah,S.Pd
1973068 199703 2 003
Binuang
08-03-1973
III/c
01-09-2012
G.U
Guru
Kelas I.A
16
Agustinah
19580817 197801 2 003
Barabai
17-08-1958
IV/a
01-09-2012
G.U
Guru
Kelas I.B
17
Abdullah Afandi,S.Pd.I
19541217 198305 1 001

IV/A

G.A
Guru P.A Vb,VIa,VIb
18
H.Ramsan
19570910 198804 1 001
Amuntai,
10-09-1957
II/a
01-04-1988
G.U
-
19
Seri Helnida,S.Pd.I
-
Amuntai,
27-05-1986
-
-
GTT
Guru  B.Inggris
Kelas III s/d VI
20
Faridatul Mutmainah,S.Pd.I
-
Banjarmasin,
02-08-1988
-
-
GTT
Guru Pendidikan Alqur’an/TU
21
Miftahul Husna
-
Harusan Telaga,
03-09-1988
-
-
GTT
Guru Kesehatan IV s/dVI, Pkn IVa,IVb,Va
22
Eka Fitriani
-
Amuntai,
05-07-1990
-
-
GTT
Guru Penjasskes
Kelas Ia,Ib,IIa/ Perpustakaan




Mengetahui,
Kepala Sekolah



Hj. Nurmasliana,S.Pd.MM
NIP.19621212  198207  2 004


















D. Sistematika Laporan
Sistematika laporan pengalaman lapangan ini terdiri dari empat Bab yaitu :
BAB I             PENDAHULUAN-
Dalam Bab ini dibahas mengenai Latar Belakang pelaksanaan Praktek, Tujuan Yang ingin di capai Gambaran Umum Lokasi Praktek, Waktu dan Bidang Praktek, Sistematika laporan
BAB II                        PELAKSANAAN KEGIATAN
Yang memuat Rencana Program Praktek, Pendekatan Yang dilakukan, Jadwal Pelaksanaan Praktek
BAB III          MASALAH DAN UPAYA MENGATASINYA
            Di dalamnya dikemukakan tentang masalah-masalah yang ditemukan di lapangan dan upaya mengatasinya.
BAB IV          PENUTUP
                        Memuat tentang Kesimpulan dan saran-saran

Lampiran-lampiran
·         Keterangan Melaksanakan Tugas
·         Program dan praktek
·         Jabaran dan target program
·         Laporan Kegiatan Harian
·         Absensi kehadiran/ pulang


BAB II
PELAKSANAAN KEGIATAN
a. Rencana Program Praktek Mengajar
            Dalam melaksanakan program lapangan, maka kepada mahasiswa (I) Jurusan S1 Tadris Rakha Amuntai, diwajibkan untuk mlaksankan PPL dengan syarat yang telah ditentukan oleh Biro Praktikum untuk mengajar di muka kelas selama 11 hari. Di samping itu juga kepada para mahasiswa (i) tetap diberi kebebasan lebih dari yang ditetapkan, kalau situasi dan kondisinya memungkinkan untuk memperluas wawasan pengetahuan dan memperdalam pengalaman mengajar di depan kelas.
            Sesuai dengan batas waktu yang ditentukan oleh biro praktikum jurusan S1 Tadris Rakha Amuntai, maka dalam pelaksanaan PPL ini penulis telah membuat rencana kerja agar tugas dapat terlaksana dengan baik.Rencana kerja tersebut adalah sebagai berikut :
            Mulai Tanggal 6 Nopember sampai 19 Nopember 2012 mengadakan kegiatan Belajar Mengajar
b. Pendekatan Yang dilakukan
            Dalam menagajar bidang studi Bahasa Inggris menggunakan beberapa pendekatan yaitu :
1. Pendekatan Konsep
            Pola pengajaran yang mengarah pada penjelasan, pemahaman suatu konsep dan berupaya pada akhirnya siswa mempunyai konsep mandiri.
2. Pendekatan KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi) / KTSP
            Proses belajar di mana guru dan siswa sama-sama aktif dalam melaksanakan proses belajar mengajar.
3. Pendekatan Emosional
            Pendekatan emosioanal adalah pendekatan yang digunakan untuk menggugah perasaan dan hati nurani dengan contoh pengalaman dan fakta dalam kehidupan sehari-hari.
            Dalam memberikan pelajaran dibidang studi B. Inggris guru tidak hanya dituntut agar para siswa faham terhadap pelajaran dan motivasi untuk mengamalkan pelajaran yang telah mereka fahami dalam kehidupan sehari-hari.
            Pada hal ini dalam memberikan pelajaran, penulis menggunakan beberapa metode yaitu metode ceramah, Tanya jawab, membaca dan metode penugasan. Dalam kegiatan belajar mengajar setelah masuk kelas terlebih dahulu memberikan appersepsi dan post-test hingga akhirnya masuk pada materi pelajaran dan diakhiri pelajaran dengan melakukan tes akhir.
            Pada saat menyajikan pelajaran di sekolah tersebut selalu patuh dan hormat kepada guru, tanggap dan cermat dalam mengikuti pelajaran. Halini sangat memudahkan dalam memberikan pelajaran terutama yang berhubungan denggan tingkat pencapaian tujuan pembelajaran yang direncanakan. Dengan demikian maka akan lebih memudahkan dalam mengadakan pendekatan pada proses belajar mengajar.
c. Realisasi Program Praktek
            Dari 6 (enam) point rencana program praktek kependidikan, praktiken dapat merealisasikan program tersebut, meskipun masih terdapat beberapa masalah/ kendala yang dihadapi. Dan pada dasarnya kegiatan yang dilakukan 80 % dapat direalisasikan dengan baik dan lancer.
            Adapun berbagai program yang dapat direalisasikan adalah sebagai berikut :
1. Pada pelaksanaan proses belajar mengajar praktiken mendapat bimbingan dari Kepala Sekolah dan Guru Pamong, terutama dalam hal pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran, penggunaan alat bantu mengajar dan variasi dalam metode mengajar.
2. Dalam pelaksanaan administrasi kelas praktiken mendapat kesempatan untuk menata administrasi di kelas 1, di antara administrasi kelas yang dibenahi adalah mengisi daftar hadir, mengisi papan absen, mengarsipkan nilai siwa dan sebagainya.
3. Kegiatan administrasi dan tata usaha di sini praktiken mendapatkan bimbingan dan arahan bagaimana cara pengisian buku administrasi seperi buku Mutasi siwa, Rekapitulasi Absensi Siswa, PegarsipanSurat Masuk dan Surat Keluar, serta laporan bulanan.
4. Pelaksanaan kegiatan sanitasi dan kebersihan lingkungan sekolah berjalan dengan lancar karena para siswa sudah terbiasa menjaga kebersihan ruangan kelas dan halaman sekolah.
5.Pelaksanaan kegiatan Olahraga/ Senam Pagi, praktiken membantu melaksanakan pengawasan terhadap siswa yang biasa dilakukan sekolah ini setiap hari.
6. Praktiken juga melakukan pembenahan terhadap perpustakaan sekolah terutama penataan buku-buku di sekolah ini sering dihinggapi hama rayap, yang mengakibatkan banyak rusak. Sehingga menurut Kepala Sekolah perlu dilakukan pengawasan penataan yang teratur terhadap perpustakaan sekolah.






BAB III
MASALAH DAN UPAYA MENGATASINYA
A. Masalah Yang Ditemui di Lapangan
            Sebagaimana manusia hanyalah pandai membuat rencana namun segala sesuatu Tuhan lah yang menentukannya, begitu pula setiap yang dilaksanakan tak luput dari halangan dan rintangan yang dapat menimbulkan banyak masalah, sehingga apa yang kita rencanakan terkadang tidak sesuai dengan kenyataan yang ada, meskipun demikian bukan berarti kita harus pasrah dan rencana kita gagal total. Melainkan kita sebagai makhluk yang diberi akal untuk berfikir mengatasi segala permasalahan yang dihadapi.
            Hal yang sama terjadi juga pada penulis di dalam melaksanakan program pengalaman  lapangan ini, penulis menemui beberapa masalah yang mencakup menghambat dalam pencapaian tujuan, masalah tersebut antara lain :
1. Para praktiken meninggalkan sekolah tempat tugasnya mengajar apabila dalam pelaksanaan implementasi dilaksanakan.
2. Ada seorang siswa kelas 5 yang sangat bandel sekali dengan diberikan hukuman ternyata tidak memberikan kesan perubahan terhadapnya.
3. Untuk buku-buku paket pelajaran yang digunakan sebagai masih menggunakan buku-buku yang terbitannya tahun lama.

B. Upaya Pemecahan Masalah
1. Pada sekolah tempat tugas asal mengajar di kelas tersebut dicarikan guru bantu sebagai pengganti sementara terhadap guru praktiken apabila dalam keadaan sedang melaksanakan implementasi PPL.
2. Untuk anak tersebut kita coba lagi dengan pendekatan dan bimbingan yang terkhusus lebih daripada yang lainnya, sehingga ada tahapan perubahan sedikit demi sedikit.
3. Buku-buku pelajaran yang terbitan tahun yang baru, praktiken berusaha mendapatkan toko-tokko  buku terdekat.

















BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
            Setelah penulis pada Bab-bab yang lewat , maka dibagian terakhir ini penulis akan mencoba menarik kesimpulan antara lain sebagai berikut :
1.      Di dalam program praktek kependidikan yang telah dilaksanakan semua itu merupakan sarana untuk membentuk pribadi mahasiswa agar menjadi pendidikan yang terampil dalam bidang pengajaran.
2.      Tujuan yang ingin dicapai di dalam pelaksanaan program praktek kependidikan ini agar para mahasiswa:
a.       Mampu membuat persiapan
b.      Mampu memberikan pelajaran dengan sikap dan gaya yang sesuai dengan keahlian yang dimiliki.
c.       Mampu berbicara dengan lancar sewaktu mengajar dengan berbagai macam variasi.
d.      Dan lain sebagainya
3.      Program pengalaman lapangan ini dilaksanakan dengan lancar yang dibimbing oleh dosen pembimbing lapangan, guru pamong,serta dukungan oleh kepala sekolahdan dewan guru, agar praktiken menjadi seorang guru yang profesional dan dapat menerapkannya dikelasnya setiap hari ia mengajar nanti.
4.      Masalah-masalah yang ditemui di lapangan sewaktu dalam proses belajar mengajar alhamdulillah dapat penulis atasi secrara baik dan juga tak lepas dari bantuan para dewan guru dan khususnya Kepala SDN Rantawan 2.

B. Saran-saran
Dalam kesempatan ini, penulis akan menyampaikan beberapa saran-saran sebagai bahan renungan dan bahan pertimbangan demi kemajuan pendidikan di masa yang akan datang, yaitu sebagai berikut:
1.        Kepada Mahasiswa (I) yang berpraktek nantinya agar dapat meningkatkan pemahaman dan kesadaran terhadap tugas-tugas, baik sebagai pendidik maupun seorang mahasiswa (I) supaya nantinya dapat mengatasi setiap halangan dan masalah.
2.        Kepada setiap sekolah hendaknya selalu memelihara dan meningkatkan disiplin dan peraturan-peraturan sekolah dalam rangka lebih meningkatkan kualitas pendidikan.
3.        Hendaknya para biro praktikum meningkatkan pengawasan kepada mahasiswa (I) yang sedang berpraktek, agar lebih menghasilkan mahasiswa (I) terampil dalam mendidik.
4.        Kepada Bapak-Bapak biro praktikum hendaknya sebelum menerjunkan para mahasiswa (I) terlebih dahulu membekali mereka dengan persiapn yang cukup matang, misalnya dengan praktek di lokal perkuliahan dan lain sebagainya.

5.        Kepada pihak sekolah (kepala sekolah, dewan guru, komite), diharapkan agar jangan segan-segan dalam memberikan arahan/bimbingan kepada peserta PPL tidak akan berarti apa-apa tanpa adanya bimbingan dari pihak sekolah. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar